Agustus 10, 2020

Manfaat Tahu



manfaat-tahu


Tahu, jenis makanan yang sangat akrab dengan kehidupan orang Indonesia, memiliki banyak manfaat.


Bahan makanan yang terbuat dari kedelai ini merupakan sumber protein dan juga memiliki 12 jenis isoflavon.

Isoflavon merupakan senyawa yang bersifat antioksidan, artinya mampu mencegah terbentuknya radikal bebas yang merusak sel.

Kandungan isoflavon dalam kedelai cukup tinggi, yakni sebanyak 128-380 mg per 100 gr kedelai.

Dengan demikian, tahu baik untuk tubuh dan mampu mencegah, mengurangi risiko penyakit dan memperlambat degenerasi. 

manfaat-tahu


Tahu dapat mengurangi peradangan pada pembuluh darah dan menjaga elastisitas pembuluh darah. Ini penting sekali untuk mencegah terjadinya serangan jantung.

Selain isoflavon, tahu juga mengandung saponin yang juga bermanfaat dalam menjaga kerja jantung.

Mengonsumsi tahu dalam jumlah cukup setiap pekannya mampu mengurangi risiko timbulnya penyakit berbahaya, seperti serangan jantung, kanker saluran pencernaan, kanker prostat, diabetes, kanker kolon dan kanker payudara.

Perempuan yang rajin mengonsumsi tahu dapat mengurangi risiko hot flash saat menopause. Hot flash adalah sensasi panas yang menerpa wajah dan leher.

Selain hot flash, isoflavon dalam tahu juga membantu mengurangi risiko pengeroposan tulang pada perempuan yang telah menopause, meningkatkan kerja otak dan daya ingat dan menjaga kelenturan kulit.

Tahu mengandung banyak manfaat, harganya murah meriah dan mudah diolah. Berikut ini tips memilih dan menyimpan tahu.

Tips Memilih Dan Menyimpan Tahu

manfaat-tahu


Pastikan memilih dan menyimpan tahu dengan cara yang tepat. Saat membeli tahu, pilih yang masih segar dan tidak berlendir.

Ada tahu putih dan kuning. Tahu putih pada umumnya tawar, sedangkan tahu kuning ada yang sudah diberi garam sehingga terasa asin.

Ada juga jenis tahu sutra yang lebih lembut dan lebih mudah hancur daripada tahu biasa.

Adapun tahu susu, itu adalah tahu yang dibuat dari dadih susu, sehingga memiliki kandungan yang berbeda dari tahu kedelai.

Jika tahu tidak segera diolah, buang airnya, rendam dengan air yang baru dan simpan dalam kulkas agar tidak hilang kelembapannya.

Tahu sudah diolah dengan berbagai resep. Ada yang diolah sebagai lauk atau camilan, seperti tahu bacem, tahu kribo, tahu bulat, perkedel tahu dan tahu isi.

Ada juga tahu yang diolah menjadi sayur, contohnya tumis tahu cabe hijau, sapo tahu, pad thai tahu.

Menu khas Indonesia juga sering mengangkat tahu sebagai primadonanya, misalnya tahu tek, tahu gejrot, tahu guling, tahu telur.